Meraih Cinta Allah Dengan Berkorban

Oleh : Miftahuddin*

Seorang pelajar jika ingin meraiih kelulusan, maka ia harus berkorban dengan  sungguh-sungguh belajar. Seorang pengusaha jika ingin usahanya maju maka ia harus berkorban dengan mengeluarkan uang tenaga dan fikiran agar usahanya dapat maju dan berkembang. Seorang lelaki jika ingin mendapatkan cinta dari seorang wanita, maka ia juga harus berkorban dengan segenap tenaga dan fikirannya agar bagaimana caranya ia bisa mendapatkan cinta dari wanita tersebut. Begitu pula dengan datangnya hari raya idhul ad’ha kali ini, seperti apakah bentuk pengorbanan yang akan kita sumbangsikan kepada Allah swt untuk mendapatkan cinta dan ridhoNya?

Pengorbanan Nabi Ibrahim
Setelah nabi Ibrahim di uji oleh Allah swt untuk meninggalkan istrinya Siti Hajar dan juga sikecil Ismail di mekkah yang pada saat itu  masih merupakan hamparan lautan pasir yang gersang tanpa ada sebatang ada sebatang pohon tanaman pun yang terdapat di tempat itu dengan sedikit bekal roti dan air minum, dan bekal keyakinan kepada Allah Siti hajar pun siap untuk di tempat di tempat tersebut yang kini telah menjadi kiblat bagi seluruh umat islam untuk menunaikan ibadah hajji.

Namun setelah ismail menginjak usia remaja, nabi Ibrahim lagi-lagi mendapatkan ujian namun kini merupakan ujian terberat dalam hidupnya untuk menguji seberapa besar kecintaan dan ketaatan nabi Ibrahim kepada Allah yaitu perintah untuk menyembelih anak tercintanya Ismail sebagai kurban memperingati hari raya idhul ad’ha.
Di sini nabi Ibrahim di hadapkan dua pilihan, apakah cinta terhadap putranya dengan tidak menyembelihnya atau patuh pada perintah Allah swt dengan relah mengorbankan putra tercintanya untuk di kurbankan demi meraih cinta dan ridha dari Allah swt.
Akhirnya keteguhan nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya Ismail dalam rangka ketaatan kepada Allah semakin kuat, setelah ia mendapatkan kepastian dari putranya sendiri Ismail, sebagaimana yang tercantum dalam Al Qur’an surah Ash shaffat ayat 102 yang artinya “Ibrahim berkata “wahai anakku ! sungguh aku telah bermimpi bahwa aku menyembelihmu !” Dia  ( Ismail ) menjawab  “ wahai ayahku ! lakukanlah apa yang di perintahkan ( Allah ) kepadamu, insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” Namun di saat nabi Ibrahim telah meletakkan pisaunya di atas leher anaknya dan hendak menyembelehnya, maka di saat itu pula Allah SWT menobatkan kepada nabi Ibrahim sebagai nabi yang lulus dengan Comloude berkat ketaatannya akan perintah dari Allah SWT dan ketabahan hatinya untuk mengorbankan Ismail demi mengharpkan ridho dan cinta dari Allah SWT, dan Allah juga menggantikan Ismail dengan seekor kambing yang sangat gemuk.

Mari berkorban !
Adakah cotoh yang terbaik melebihi nabi Ibrahim dalam hal berkorban, yang mana ia relah dan ikhlas mengorbankan  putra tercintanya demi mendapatkan ridho dan cinta dari Allah SWT. Lalu pertanyaanya sekarang bagaimanakah dengan kita? Adakah kita sudah mengorbankan sesuatu yang kita cintai dari diri kita untuk mendapatkan  ridho dan cinta dari Allah SWT.
 Janganlah terlebih dahulu kita mengorbankan anak kita atau sanak saudara kita, cukuplah dengan waktu dan tenaga yang telah kita miliki, seberapa besarkah tenaga dan waktu yang telah kita korbankan untuk meraih cinta dan ridho dari Allah SWT. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama dalam menyambut idhul ad’ha ini kita korbankan apa saja yang mampu kita korbankan baik itu waktu, fikiran, tenaga, ataupun finansial yang kita miliki, jika kita tidak mampu berkorban seperti halnya nabi Ibrahim yang mengorbankan putranya Ismail untuk di jadikan kurban di bulan idhul ad’ha ketaatan dan kecintaannya kepada Allah SWT “ selamat sejah terah kepada Ibrahim. “ ( QS, Ash Shaffat : 109 ) wallahu a’lam.

*) Penulis adalah anggota API (Asosiasi Penulis Islam)
  
Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger