Penyesalan Akibat Begadang


Oleh Zulkifli*
            Begadang adalah suatu hal yang dilakukan di waktu tengah malam atau melewati batas meleknya seseorang. Aktivitas ini mayoritas dilakukan oleh para remaja dan orang-orang dewasa pada umumnya. Sering kita menyaksikan atau melihat orang-orang berkerumunan  untuk menyaksikan pertandingan sepak bola (NOBAR), main DOMINO dan lain sebagainya. Semua aktivitas ini tidak ada manfaatnya sedikikpun, apalagi untuk kehidupan dan masa depan kita. Karena aktivitas ini hanya menyita waktu dan  kesehatan yang kita miliki.

            Adapun efek yang dapat dirasakan dari hasil BEGADANG adalah waktu kita terbuang dengan sia-sia, kondisi tubuh kita akan menurun (kurang sehat), badan kita akan kurus, muka kita pucat karena kekurangan darah akibat hembusan angin malam dan lain sebagainya.
            Mengapa saya katakan demikian? karena saya pernah mengalami dan langsung merasakan dampaknya. Orang-orang yang sering begadang  akan melewati hari esoknya dengan tidak bergairah dikarenakan capek, serta rasa  ngantuk yang terus menemani. kalau kita seorang pelajar maka aktivitas belajar kita akan terganggu atau mungkin kurang maksimal. Bang Haji Roma Irama berpesan kepada kita semua khususnya anak remaja dan mereka orang-orang dewasa  yang suka BEGADANG “Begadang jangan begadang kalau tiada artinya..” Sobat, pesan ini mengajak kita untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak ada manfaatnya sama sekali bagi diri kita apalagi orang lain. Karena telah kita ketahui bersama bahwa hembusan angin malam tidaklah cocok bagi kondisi tubuh kita, apalagi untuk kesehatan. Kemudian Bang Haji Roma Irama melanjutkan syair lagunya “Begadang boleh saja kalau ada perlunya” Maksudnya adalah kita boleh begadang untuk hal-hal yang penting, baik itu untuk diri kita maupun orang lain serta mendatangkan manfaat.
            Misalnya, menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat yang itu harus dilakukan pada malam hari melalui Ronda Malam, dan lain sebagainya.
            So, janganlah sekali-kali kita BEGADANG apalagi setiap malam. mumpung  kita masih muda serta memiliki cita-cita yang besar yang mana membutuhkan waktu yang panjang untuk mengapainya, maka janganlah sekali-kali mengisinya (waktu) dengan hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat sedikitpun.
“BEGADANG NO, TAHADJUD YES !!!”
*Penulis adalah anggota API Surabaya.


Teruskan :

+ Komentar + 1 Komentar

7 Juli 2014 05.47

Begadangnya buat nulis, bagaimana?

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger