Mari Berdakwah Dengan Tulisan


Oleh :*Naharuddin
                Menurut Drs. Anwar Djailani, M.Si. "Bahwa yang paling banyak mempengruhi pola pikir kita adalah tulisan". Hal ini disampaikan saat mengajarkan bidang studi "Jurnalistik" di semester empat (IV) Pada tanggal 08, pebruri, 2013. Tulisan yang sering kita baca di media cetak, seperti majalah, blutin, brusur dan lain-lain, sangat mudah mendotrin kita. Lalu, bagaimanakah kondisi islam dan generasinya kedepan jika semua bacaan media cetak dibuat oleh para kaum Liberal?
            Olehnya itu, beliu mengharapkan kepada seluruh Mahasiswa STAIL Hidayatullah Surabaya dan seluruh Mahasiswa islam di Indonesia pada umumnya untuk memulai menulis dan berdakwah di media cetak. Hal yang serupa juga pernah disampaikan oleh Ust. Mashud.M.Si. Dihadapan Mahasiswa semester empat pada tanggal 06, Februari 2013 di gedung STAIL Hidayatullah Surabaya. karena satu peluru hanya bisa menembus satu kepalah, sedangkan satu tulisan bisa menemus seribuh kepalah. 
            Saat ini harus ada keinginan untuk mengubah paradikma dakwah yang salah. Dakwah bukan hanya ceramah dan berteriak di atas mimbar, bukan hanya membuat pengajiaan dan halaqoh dengan jumlah pendengar yang terbatas. Tetapi tulisan juga merupakan bagian dari dakwah. Jadi, alasan apalagi yang membuat kita tidak bergerak untuk memulai berdakwah dan beramal ma'ruf nahi mungkar melalui tulisan. Mulailah dari sekarang!
            Pada zaman kini,  media cetak, seperti surat kabar, boluten, brusur, tabloid dan lain-lain adalah media untuk menyebarkan pikiran-pikiran dan prinsip-prinsip dakwah dengan pena (dakwah bi al-qalam ) kepada semua tingkat manusia. Cara ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
            pertama, pembaca bisa membacanya berulang-ulang hingga meresapi. Kedua, bahasa tulisan lewat media cetak lebih rapi dan lebih teratur dari pada bahasa lisan, karena menulis berpikir secara teratur. Ketiga, tulisan cukup dibaca satu kali dan akan melekat terus menerus dalam hati serta bisa menjadi buah tutur setip hari. Keempat, lebih menguatkan jalinan/persaksian.

*(Penulis adalah mahasiswa STAI Luqman Al-Hakim Jurusan Dakwah dan aktivis LDK.                         
Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger