Buku, Bukanlah Hiasan Lemari


oleh Mar'i Mahdy A*
                Dizaman sekarang ini, buku sangatlah berarti, berguna dan bermanfaat sehingga tidak heran jika sebagian orang menjadikannya sebagai salah satu kebutuhan hidup yang harus dan wajib dipenuhi, namun tak terlepas dari itu ada pula yang menganggap buku hanya sebagai barang yang tak membawa banyak manfaat dan membacanya hanya membuang banyak waktu. Masing-masing orang tentunya mempunyai persepsi dan pendapat sendiri mengenai pentingnya sebuah buku.

                Dalam hal ini beberapa orang mempunyai tipe tersendiri dalam kebutuhan dan perlakuannya terhadap sebuah buku. Pertama, tipe orang yang menganggap buku sebagai salah satu kebutuhan yang penting untuk memenuhi salah satu fitrahnya, yaitu rasa yang ingin tahu tentang suatu hal. Orang yang masuk dalam tipe ini waktunya banyak dihabiskan untuk membaca dan sudah barang tentu mempunyai banyak buku dan refrensi. Biasanya tipe orang ini mempunyai kesadaran dalam meningkatkan pengetahuannya dan mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi. Kedua, tipe orang yang suka mengoleksi beberapa buku dan membacanya menunggu mod yang baik datang agar buku yang dipunyai terlahap habis. Nah, tipe orang tersebut terkadang menjadikan buku sebagai hiasan dan pajangan sebuah rak buku. Dan yang ketiga atau yang terakhir ialah tipe orang yang tidak terlalu suka dengan salah satu benda itu, orang ini hidupnya penuh dengan ke-cuek-an. Cuek terhadap pengembangan dirinya, cuek terhadap penambahan ilmu dan pengetahuannya. Biasanya juga terkadang karena sifat malas yang dimilikinya sehingga sulit untuk menggerakkan kemauannya untuk banyak membaca dan memiliki banyak buku. Jadi, semuanya adalah tergantung motivasi yang dimiliki oleh setiap orang, karena motivasi merupakan dorongan yang kuat agar membangkitkan kesadaran diri yang dimilikinya.
                Nah... Maka dari itu, seharusnya kita menyadarkan diri kita agar selalu banyak membaca, menguatkan motivasi dan meningkatkan kesadaaran kita terhadap pentingnya sebuah buku. Ayoo...! kita sukseskan mahasiswa hobi baca, demi tercerahnya dunia kampus.
*Penulis adalah Mahasiswa STAI Lukman Al-Hakim, tinggal di http://naghc21.blogspot.com 
Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger