Pengaruh Modernitas Terhadap Mahasiswa


Oleh: iqra’*
Efek buruk modernitas  kini semakin menggoroti mahasiswa. Mahasiswa yang mestinya memiliki integritas yang kokoh dengan meningkatkan  pengintelektual sebagai mahasiswa. Mahasiswa kini telah banyak yang terjebak dalam kungkungan dunia modern, lebih-lebih yang berada di kota  metropolitan.
            Pengaruh modernitas baik melalui interaksi langsung seperti tv dan internet telah turut membentuk karakter mahasiswa dewasa ini. Mahasiswa yang dipercaya memiliki integritas dan karakter diri yang kokoh, ternyata tak kuasa membendung gaya-gaya modern sekarang ini, yang notebenenya tidak baik bagi kehidupan mahasiswa bayangkan  betapa gaya hedonism, baik dari cara berpakaian, tingkah lagu ataupun makan (gaya makan). 
seringkali mahasiswa terlena sehinggah lupa akan tugas utama akademis untuk membaca dan membiasakan diri berdiskusi. Belum lagi, budaya pacaran yang semakin gencar dalam dunia kampus mahasiswa. Bahkan melapaui batas kewajaran dalam berhubungan dengan lawan jenis, sehingga lemahnya aktivitas keilmuan mahasiswa.
            Lemahnya minat baca dan diskusi diakibatkan meningkatnya kecanggihan  teknologi yang kian menjalar di era modern ini, sehingga mahasiswa lebah banyak bermain-main di dunia maya bahkan  hamper 50% mahasiswa yang membawa leptop dalam ruangan, kebanyakan dari mereka  membuka leptop hanya sekedar FB-an atau bermain game. Sangat sedikit dari mereka dari mereka yang menggunakan leptop untuk memanfaatkan dengan  membaca atau untuk mengerjakan tugas akademik/kuliah. Belum lagi masalah  “copas”(copy paste), terjadinya copas tidak lain karena disebabkan sudah malas membaca buku atau diskusi sehingga memilih cara jalan pintas untuk menyelesaikan tugas-nya  (copas).
            Dalam keseharian di dunia kampus sudah dipahami bersama  bahwa mahasiswa dewasa ini banayk apatis dengan pengembangan  keilmuan mereka, mereka lebih banyak sibuk dengan obrolan-obrolan kurang penting, ketimbang membaca atau diskusi tentang kelimuan dll.
Meski mereka membuka laptop, yang dibuka  mala jejaringan social, facebook dan  twitter atau mala bermain game, sangat jarang sekali mereka mencoba konsep keilmuan  memlalui pembacaan mereka didunia maya.
            Tentu sangat disayangkan apabila “copy paste” ini menjadi budaya dalam kehidupan mahasiswa, apalagi sekarang  semakin genjar dikalangan mahasiswa, mereka lebih memilih jalan pintas dan cepat, ketimbang berlelah-lelah diri membaca atau  berdiskusi. Jika hal ini terus menerus dilakukan oleh pelajar terkhususnya mahasiswa dampak buruknya sangat besar sekali bahkan akan merusak masa depan mereka dan masa depan bangsa. Bagaiman tidak,! Jika tugas yang mestinya dikerjakan oleh mahasiswa dengan baik malah diselesaikan dengan cara “ copy paste”, lalu pertanyaannya darimana mereka mendapatkan pengetahun  jika hal ini terus menerus dilakukan? Yang mestinya tugas yang diberikan harus dikerjakan secara baik dan  melalui proses yang panjang hanya selesai dalam waktu 1 jam. Perkembangan teknologi  teknologi yang sesungguhnya dimaksudkan untuk mempermudah  kerja manusia menjadi boomerang bagi kreativitas dan daya nalar mereka.
            Maka tidak usah heran bila lulusa perguruan tinggi saat ini banyak yang kebingungan mencari pekerjaan, tidak lain karena mereka tidak memiliki kemampuan , keilmuan dan skill yang mapan. Berapa ribu mahasiswa yang lulus tiap tahunnya, berapa ribu pula dari mereka yang menambah deretan panjang pengangguran dinegri ini. Seandainya mereka memiliki kelimuan dan skill yang mapan, pasti mereka tidak akan kebingungan dalam mencari pekerjaan.
Karena itu mumpung mahasiswa sekarang masih punya banyak kesempatan dikampus, kiranya kita sebagai mahasiswa perlu bergerak ke arah  perbaikan bersama.

*)Penulis adalah anggota API (Asosiasi Penulis Islam)
Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger