Menjadi Orangtua Sejak Dini





Oleh: Mar’ee el Faruq*

     Pernahkah kita berpikir agar kitaa dapat menggantikan peran orng tua?
Pernakah kita berpikir untuk dapat memindahkan beban yang dipikul orangtua kepada kita?
Dan sudah sebesar apa pengorbanan yang kita persembahkan untuk mereka, sebagimana besarnya pengorbanan mereka untuk kita?
Sejauh mana kita telah membuat mereka bahagia, segabaimana mereka selalu dan terus berusaha membuat kita merasa bahagia?

    Pertanyaan di atas hanya beberapa pertanyaan dari banyaknya pertanyataaan yang kemungkinan besar kita semua tidak dapat menjawabnya. Tapi itu juga tidak mustahil kita tidak dapat menjawabya, kita bisa saja berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menjawab pertanyaan itu dengan nyata. bagaimana caranya, kembali kepada diri kita pribadi, antara mau melakukan dan tidak mau melakukannya.

Pengorbanan orangtua

Ketahuilah, bahwa orangtua adalah orang pertama yang dekat dan mencurahkan rasa sayangnya kepada kita, mustahil bila ada orangtua setelah melahirkan dan tiba-tiba membenci anak-anaknya. Tapi mungkin saja ada didunia ini. Mereka bahkan rela dalam segala hal, dan ingin berbuat sekeras mungkin agar kita bahagia agar anak-anaknya dapat tersenyum gembira dan tumbuh besar. Pengorbanan mereka sangat besar, jasa mereka tak ada yang dapat membalaskannya, sebesar apapun itu, benda semahal dan semulia apapun masih tetap tidak dapat menggantikan satu kerigat dan pengorbanan mereka. Juga terkadang jatah istrahat mereka harus tersita dengan ulah dan tingkah kita, ketika mereka capek pulang dari kantor, yang sebenarnya waktu mereka di pakai untuk istrahat, ternyata mereka lebih memilih untuk mengurusi kita.

             Begitulah kiranya pengorbanan dan tanggungjawab orangtua yang harus dijalani, bila ingin dijelaskan dan diuraikan pengorbanan mereka, maka tidak dapat kita melakukannya. Suatu saat kita juga akan merasakan menjadi seorang ayah, menjadi orangtua yang berkorban dengan penuh tanggungjawab terhadap anak-anaknya.

Kedudukan orangtua dalam Islam

             Begitu besar dan tinggi kedudukan orangtua dalam agama Islam, sehingga tidak salah kalau mereka rela berkorban dan  yang mereka lakukan sangat besar, didalam Islam mereka dimuliakan dan dijanjikan syurga oleh Allah.  Begitu Maha adilnya Allah, yang menaruhkan derajat dengan seimbang. Orangtua mempunyai amanah, tanggungjawab yang besar dan pengorbanan yang tinggi maka Allah juga mengangkat derajat mereka, tentu saja para orangtua yang menjaga amanah besar itu, yang diberi kedudukan yang inggi oleh Allah.

Persiapan sejak dini

             Sehingga  haruslah rasanya kita mempersiapkan diri kita menjadi  orangtua
kelak yang termasuk  dalam golongan yang amanah dan bertanggungjawab yang akan meraih janji Allah. Kita memang sadar kalau kita masih berstatus sebagai seorang mahasiswa atau seorang pelajar dan merasa bahwa menjadi seorang ayah atau ibu masih akan lama, akan tetapi juga tidak memungkinkan kita akan mempersiapkan diri kita menjadi seorang ayah dan orangtua mulai dari sekarang,  mempersiapkan diri kita sebagai seorang ayah atau ibu yang amanah kelak nantinya. Untuk mempersiapkannya, kita dapat melakukan beberapa hal berikut ini sebagai bekal menjadi seorang ayah atau ibu yang baik. Pertama, berusaha jaga akhlakul karimah yaitu ahklak yang mulia, akhlak yang mulia dan baik sangat menentukan proses pembentukan seseorang menjadi orangtua, karena berdampak kepada penerus generasinya, suatu saat kita akan menginginkan anak yang baik dan sholeh atau sholehah akan tetapi akhlak kita juga belum dan memang tidak menenjukkan sebagai seorang yang mempunyai akhlak yang mulia. Maka impian mempunyai anak yang soleh atau sholeha akan mustahil terjadi. Yang kedua, memilih pasangan yang sholehah, agar nantinya melahirkan keturunan yang sholeh atau sholehah juga.



*penulis adalah mahasiswa semester III STAIL 2012/2013 Hidayatullah Surabaya
Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger