Mahasiswa STAIL Surabaya Gelar Safari Dakwah Pelosok Sulit


Menyambut Hari Raya Idul Adha 1436 H, Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman al-Hakim (STAIL) Surabaya bekerjasama dengan Baitul Mall Hidayatullah (BMH) Pusat, Jakarta mengadakan “Safari Dakwah” di pelosok desa yang sulit dijangkau.
 
Kegiatan yang bertemakan “Berdayakan Pelosok Desa di Idul Qurban” tersebut diadakan di Pulau Puteran, Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.
Sebanyak 25 mahasiswa semester lima dan tiga diberangkatkan dari asrama kampus Surabaya sejak Selasa (22/09/2015) hingga Sabtu (26/09/2015).


Kegiatan Safari Dakwah ini bukan hanya sekedar bakti sosial dan mendistribusikan daging qurban, melainkan merupakan sarana untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat serta pelatihan untuk mengasah mental dan kemampuan sebelum mahasiswa STAIL Surabaya benar-benar ditugaskan langsung ke seluruh pelosok negeri setelah menyelesaikan masa studinya,” ujar Nur Huda, ketua STAIL saat pelepasan mahasiswanya.

Menurut penuturan Andri Yoga, ketua panitia agenda tersebut, mereka bersyukur karena disambut dengan baik oleh warga desa yang berada di ujung Madura ini.

Alhamdulillah, meskipun medan yang kami tempuh menuju desa ini lumayan berat, karena kami harus menyebrangi lautan dengan sampan,” ujar mahasiswa jurusan dakwah tersebut.
Ada 45 kambing yang disebarkan di tujuh titik, lanjut Andri, dan difokuskan kepada warga setempat yang kurang mampu. Para mahasiswa juga mengadakan bakti sosial, membantu warga setempat untuk membenahi beberapa fasilitas seperti memperbaiki jalan, membersihkan got dan kegiatan sosial lainnya.

Menurut Ilyas, tokoh masyarakat setempat, kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat.

Meskipun mereka (red: mahasiswa STAIL) berbeda-beda suku, mereka bisa berbaur dengan kami. Mereka memberikan contoh yang yang baik untuk pemuda juga warga desa Komabang, karena mereka selalu meramaikan masjid,” ujar Ilyas.*/Siraj



Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger