Penghambat SDM

Oleh: M.I. Syafi’i*

Buruknya mutu pendidikan di berbagai jenis dan jenjang pendidikan kita di Negeri ini adalah masalah yang sangat serius. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pendidikan adalah wadah pencetak generasi masa depan bangsa. Perlu ada tindakan cepat untuk mengatasi masalah satu ini.
Bermacam kalangan yang di dalamnya terdapat para ahli dalam pendidikan berpendapat bahwa, jika suatu Negara bermasalah pada mutu pendidkan, akan berakibat pada penghambatan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM). Yang dimana SDM adalah sebagai modal utama pembangunan bangsa dalam berbagai bidang.
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mutu pendidikan Negara kita berada dibawah Singapura. Sedangkan kualitas pendidikan Negara Malaysia telah jauh meninggalkan kita. Padahal seperti yang kita tahu, kalau yang sebelumnya Malaysia pernah belajar dari kita. Bercermin dari sini, seharusnya kita malu melihat kenyataan yang kita alami.
Indikator pada mutu pendidikan seperti ketrampilan, kedisiplinan dan akhlak siswa tidak menunjukan pada kondisi baik. Yang dimana tujuan pendidikan seperti yang dirumuskan sesuai UU No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 yaitu untuk berkembangya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab, sungguh sangat kurang, bahkan yang terjadi sebaliknya.
Oleh karena itu, kita sebagai warga Negara yang baik dan sadar akan masalah ini, perlu perbanyak perbaikan bagaimana mutu pendidikan kita menjadi lebih baik. Upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan pada negeri kita, bisa dilakukan melalui kebijakan-kebijakan pemerintah, peningkatan kualitas guru sebagai tenaga pengajar, perbaikan kegiatan dan efektifitas dalam belajar disekolah dan seterusnya.

*) Penulis adalah anggota API (Asosiasi Penulis Islam) dan tinggal di cahhpurba.blogspot.com
Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger