Indahnya Berkata Jujur


Oleh Avid Rusyadi*

Berkata jujur merupakan suatu kebiasaan yang harus kita budayakan di dalam kehidupan ini. Di dalam kehidupan masyarakat manapun kejujuran sangatlah dijunjung tinggi, bahkan sampai tingkatan Negara kejujuran selalu dinomor satukan. Sehingga tidak akan ada kehidupan yang bahagia, tenteram, nyaman dan selamat tanpa adanya sebuah kejujuran. Oleh karena itu kita sebagai generasi Islam harus menjadikan sifat jujur ini sebagai kepribadian yang abadi di dalam diri kita.
Bila dikaji lebih mendalam, kejujuran memiliki manfaat yang sangat besar. Tidak hanya bisa mendekatkan hubungan kita dengan Sang Pencipta, tetapi juga hubungan kita dengan sesama manusia. Bahkan binatang-binatang di muka bumi ini pun tidak luput dari yang namanya kebohongan. Artinya, belajarlah kejujuran lewat binatang-binatang. Karena pada akhirnya manusia pun akan menjadi korban dari kebohongan-kebohongan kita.
Sebaik-baik Perkataan adalah Perkataan yang Jujur
Memang, berkata jujur dan apa adanya itu sangatlah sulit. Namun bukankah agama selalu mengajarkan kita untuk selalu berkata jujur kepada semua orang. Kenapa agama mengajarkan kita untuk selalu membiasakan berkata jujur? Karena kebiasaan berkata jujur adalah cerminan orang yang bermartabat, baik di hadapan manusia bahkan terkhusus baik di hadapan Allah SWT. Hidup pun akan terasa nyaman, tenang dan terarah.
Bila kita amati bersama, orang yang selalu berkata jujur itu tutur katanya selalu sopan dan tidak memaksa, bahkan pembawaannya selalu tenang. Orang yang selalu berkata jujur tidak akan pernah merasa ketakutan di dalam hidupnya karena tidak akan ada orang yang akan membencinya, memusuhinya dan berbuat jahat padanya. Sebaliknya orang akan baik kepadanya, menyukainya dan mengaguminya.
Dengan kejujuran akan lebih mendekatkan kita kepada kebaikan, di mana dengan kebaikan itu kita akan lebih dekat dengan Allah. Apabila kita dekat dengan Allah, maka Allah pun akan dekat dengan kita.
Sebaliknya, orang yang selalu berbohong itu hidupnya penuh dengan ketakutan. Hidupnya akan selalu merasa tidak tenang, resah dan serba salah. Seakan-akan kebohongan yang selalu dia perbuat menjadi senjata yang sangat ampuh untuk menghindar dari suatu masalah, namun pada akhirnya masalah itulah yang akan menjadi bumerang yang akan merugikan dirinya sendiri.
Dengan kebohongan akan mendekatkan kita pada kemunafikan. Kemunafikan akan membawa kita pada kesengsaraan dan kesengsaraan inilah yang membuat kita bodoh. Kebodohan inilah yang akan membawa kita pada kekufuran. Apabila kita kufur maka niscaya kita akan jauh dari Allah SWT. Jika kita telah jauh kepada Allah maka Allah pun akan menjauh dari kehudupan kita. Dan apabila Allah telah menjuh dari kita niscaya tidak akan ada satu pun kebaikan yang akan diberikan kepada kita.
Berkata jujur merupakan sikap yang sangat terpuji yang harus kita junjung tinggi dan harus kita tegakkan di dalam kehidupan kita sebagai umat Islam, dimana kejujuran sangatlah dianjurkan.
Berkata jujur akan memberikan begitu banyak manfaat kepada kita, diantaranya :
1.      Berkata jujur akan membuat perasaan kita menjadi tentram dan hati kita akan terasa tenang. Karena orang yang selalu berkata jujur tidak akan takut kebohongannya terbongkar.
2.      Orang yang berkata jujur akan selalu mendapatkan keberkahan disetiap perkataannya. Jika kita berkata jujur maka kebaikan yang akan kita peroleh dan keberkahan itu hanya akan diberikan kepada orang-orang yang selalu mengerjakan kebaikan.
3.      Orang yang jujur hidupnya tidak akan bermasalah dan jauh dari bahaya. Karena tidak akan ada orang yang benci dan memusuhi kita. Orang akan selalu berbuat baik kepada kita.
4.      Perkataan yang jujur akan membawa kita kepada surga Allah SWT. Rasulullah SAW pun bersabda dalam hadistnya, “Berikanlah kepadaku enam perkara niscaya aku akan jamin engkau masuk surga: jujurlah jika engkau bicara, tepatilah jika engkau berjanji, tunaikanlah jika engkau diberi amanat, jagalah kemaluanmu, tundukkan pandanganmu, dan jagalah tanganmu.” (H.R Ahmad dari riwayat ‘Ubadah bin Ash-Shamit).
5.      Orang yang berkata jujur akan mendapatkan banyak pahala. Karena setiap perkataan yang keluar dari mulut kita akan mendapatkan ganjaran yang setimpal sesuai dengan apa yang kita ucapkan. Jika kita berbicara jujur maka pahala dan kebaikanlah yang akan kita peroleh, sedangkan jika kita berkata bohong maka keburukan yang akan kita peroleh.
6.      Orang yang berkata jujur akan selalu dicintai oleh Allah, Rasul Allah, dan manusia lainnya. Allah SWT hanya akan menyayangi dan mencintai hamba-hamba-Nya yang senang untuk berbuat kebaikan. Rasulullah SAW bersabda dalam hadistnya, “Jika engkau ingin dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya, maka tunaikanlah jika engkau diberi amanah, jujurlah jika engkau bicara, dan berbuat baiklah terhadap orang disekelilingmu.” (H.R Ath-Thabrani). Bahkan orang yang selalu berkata jujur di dunia akan selalu dicintai oleh banyak orang.

Jujur adalah Budaya Para Nabi dan Rasul
Di zaman yang serba modern dan canggih ini masih adakah orang yang mau berkata jujur? Pertanyaan ini tidak perlu untuk kita jawab kalau pada akhirnya nanti akan membawa kita kepada beban hidup yang sangat berat. Kenapa dikatakan sangat berat? Ya, karena kejujuran berarti menahan serta meredam diri untuk berkata bohong. Dari menahan dan meredam kebohongan inilah anda telah mencegah dan memberantas kemunafikan dan kekufuran.
Kejujuran selalu disandingkan dengan yang namanya kebenaran yang harus dikawal dan ditegakkan di muka bumi ini, bahkan Allah SWT pun menyebut diri-Nya dengan sebutan Al-Haq yang artinya adalah Maha Benar. Begitu juga para Nabi dan Rasul-Nya yang memiliki gelar Ash-Shiddiq yang berarti jujur. Para Nabi dan Rasul Allah sedikit pun tidak pernah berkata dusta mereka selalu menjunjung tinggi kejujuran di dalam hidupnya. Bahkan dalam bercanda pun mereka tetap berkata jujur.
Nabi dan Rasul selalu menerapkan budaya jujur di dalam hidupnya. Baik dalam perkataan dan perbuatan pasti selalu dilandasi dengan kejujuran. Budaya jujur ini telah menjadi kebiasaan yang baik dikalangan Nabi dan Rasul bahkan kejujuran itu telah melekat pada diri mereka.
Nabi Muhammad SAW contohnya. Nabi Muhammad adalah manusia yang memiliki akhlak  yang paling mulia di dunia ini dibandingkan dengan manusia-manusia lainnya. Salah satu akhlak mulia yang paling di kenal adalah Ash-Shiddiq yaitu jujur. Nabi Muhammad adalah orang yang tidak pernah berkata bohong di dalam hidupnya. Bahkan sejak kecil beliau sudah memiliki sifat jujur. Sehingga setiap perbuatan yang beliau lakukan selalu disandingkan dengan kejujuran. Baik itu dalam bekerja, bercanda, bermain dan berkata beliau selalu mengedepankan yang namanya kejujuran. Tak pernah terbersit sedikit pun dalam pikiran beliau untuk berkata bohong.
Bagaimanakah dengan kita sekarang ? Apakah kita tidak ingin seperti para Nabi dan Rasul ? Apakah kita tidak ingin mendapatkan gelar seperti yang disandang oleh Nabi dan Rasul, yaitu Ash-Shiddiq ? Tentunya kita semua ingin seperti Nabi dan Rasul yang menyandang gelar sebagai Ash-Shiddiq yang berarti orang-orang yang jujur. Oleh karena itu, sebagai umat dari Nabi Muhammad SAW kita wajib untuk mengikuti tingkah laku beliau. Kita juga wajib mengikuti kebiasaan-kebiasaan beliau, khususnya dalam hal ini adalah budaya jujur.
Apabila kita selalu menjunjung tinggi budaya jujur ini dan kita selalu mengaplikasikannya  ke dalam kehidupan sehari-hari maka bukanlah tidak mungkin kita juga akan mendapatkan gelar Ash-Siddiq seperti yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Baik itu diberikan oleh manusia maupun langsung Allah yang memberikan gelar itu kepada kita.
Jika budaya jujur ini selalu kita pegang teguh dalam diri kita, niscaya kebaikan akan selalu menyertai hidup kita. Kejujuran inilah yang akan membawa kita kepada surga-Nya, tempatnya para Nabi dan Rasul tinggal. Dan insyaAllah,  Allah SWT akan menyandingkan kita dengan para Nabi dan Rasul-Nya jika kita selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran. Aamiin.
*Penulis adalah anggota API (Asosiasi Penulis Islam) Surabaya
Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger