Dari PAKSAAN Menjadi KEBIASAAN


Oleh: Al-Farobi*
Dewasa ini, banyak anak muda yang lalai akan tugasnya sebagai umat Muslim untuk beribadah kepada Allah SWT. Salah satu contohnya adalah ibadah Qiyamul Lail. Ibadah ini memang begitu sulit dirasakan oleh para pemuda Muslim. Bahkan di pondok pesantren pun yang notabene santrinya senantiasa melaksanakan shalat fardhu, ternyata tidak banyak dari mereka yang memaksakan diri untuk bangun di malam hari untuk Qiyamul Lail. Padahal, kita semua mengetahui bahwa Qiyamul Lail memiliki banyak manfaat,

Salah satu langkah yang harus ditempuh agar pemuda Muslim senantiasa melaksanakan Qiyamul Lail adalah dengan paksaan. Karena jika tidak ada paksaan, hanya diberitahu berulang kali tentang manfaat Qiyamul Lail, mereka hanya menganggap itu semua seperti angin yang lewat begitu saja.
Banyak orang yang mengatakan bahwa shalat dengan paksaan bukan solusi terbaik. Mereka menganggap tidak semua orang bisa dididik dengan paksaan. Seperti seorang anak jika sudah lepas dari tanggung jawab orang tuanya, mereka tidak akan Qiyamul Lail lagi. Hal ini disebabkan dulunya sering dipaksa untuk Qiyamul Lail.
Hal-hal seperti itu memang bisa saja terjadi, akan tetapi dengan adanya paksaan justru akan melatih diri untuk bangun dan akan menjadi proses pembiasaan. Sehingga, dari niat yang awalnya tidak ada menjadi ada melalui peroses pembiasaan tersebut. Meski terdapat pemaksaan, namun jika dikerjakan dengan konsisten untuk membangun kebiasan, maka itulah proses yang sangat efektif untuk membiasakan bangun di malam hari untuk Qiyamul Lail.
Jadi, agar terbentuk pribadi yang terbiasa mengerjakan shalat baik itu shalat fardhu maupun Qiyamul Lail, harus ada paksaan.
*Anggota API Surabaya & Pengurus Masjid Aqshol Madinah

Teruskan :

Posting Komentar

Tanggapi atas dasar dari lubuk hati dengan ilmu yang Anda miliki..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Asosiasi Penulis Islam (API) Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger